May 3, 2011

Kunjungan Kerja ke Yogyakarta

Jurnal kunjungan kerja ini merupakan catatan perjalanan kunjungan kerja singkat ke dua perguruan tinggi di Yogyakarta ketika saya masih aktif sebagai pengurus harian Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga tahun 2010. Kunjungan kerja ini merupakan salah satu program kerja sektor Pencitraan Masyarakat, BEM Fakultas Psikologi Unair yang diikuti oleh seluruh pengurus BEM, perwakilan BLM dan perwakilan BSO Fakultas Psikologi Unair selama 3 hari 2 malam. Kunjungan kerja kali ini adalah perjalanan kedua ke Jogja dalam bulan ini, kunjungan sebelumnya dalam rangka survey tempat dan menyiapkan transportasi dan akomodasi acara kunjungan kerja. Tidak terlalu banyak tempat yang kami kunjungi karena ini sifatnya kunjungan kerja dan dilakukan dalam sehari membuat jadwal kegiatan kunjungan sangat padat .

13 Mei 2010
Sekitar jam 10.00 WIB kami memulai perjalanan menuju Yogyakarta menggunakan bus pariwisata. Perjalanan cukup lancar dan ditemani hujan rintik gerimis romantis di beberapa kota. Tujuan pertama kami hari ini adalah Magelang, tempat kami menginap. Beruntung kami tidak perlu menyewa tempat menginap karena salah satu orang teman, mas Dito, keluarganya yang di Magelang memberikan kita sebuah rumah untuk bermalam. Petang kami sampai di Magelang dan langsung menuju rumah yang kami gunakan bermalam. Semalam ini kegiatan kami hanya briefing mempersiapkan kunjungan kerja esok hari, selebihnya kami beristirahat dan menikmati sejuknya udara malam. Magelang memang kota yang dingin karena letaknya di kaki gunung Merapi, dari balkon lantai 2 rumah ini kami bisa melihat gunung Merapi dengan cukup jelas.

"saya @indanurfarida @merumu @windyauliahs @yekz 00.57 magelang :)"
via @andianinda

Malam ini senang sekali rasanya bersama beberapa teman menikmati dinginnya malam ditemani melodi yang mengalun dari gitar yang dipetik. Oh ya ada lagi yang menemani saya malam ini, dia disana, melalui dunia maya .

14 Mei 2010
Pagi sekali jam 04.00 WIB kami sudah diharuskan bersiap dan mengantri mandi karena jumlah kami sekitar 60 orang dan harus menggunakan 3 kamar mandi secara bergantian. Setelah semua siap, kami berangkat menuju tempat kunjungan yang pertama yaitu Universitas Gajah Mada (UGM). Setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu jam kami sampai di UGM dan langsung melaksanakan semua agenda kunjungan kerja.

captured by Visi using Samsung SL 50

Universitas Gadjah Mada terletak di jalan Kaliurang km 0, dan fakultas Psikologi UGM tepatnya berada di jalan Humaniora. Ini adalah tempat impian saya menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi. Namun sayang mama tidak mengijinkan saya keluar dari Surabaya, ya mungkin begitu baiknya. Kalo tidak saya tidak akan bisa bertemu dengannya dan mereka . Acara kunjungan kerja berjalan dengan lancar. Kami diterima dengan baik disini, semua mahasiswa dan dosen yang sangat ramah.

captured by mas Rado using Canon EOS 400D Digital

Menjelang siang kami berpamitan kepada pihak UGM untuk melanjutkan kunjungan kerja berikutnya. Kami melanjutkan perjalanan ke Universitas Islam Indonesia (UII), letaknya tidak terlalu jauh dengan UGM karena sama-sama di daerah Kaliurang. UII terletak di jalan Kaiurang km 14,4 hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari UGM. Disini kami disambut dengan sangat baik dan hangat oleh pihak kampus dan BEM. Kunjungan kerja kami lakukan sangat singkat karena terbatasnya waktu. Sebenarnya baik di UGM dan UII ini kami merasa kurang puas untuk bisa saling berinteraksi dan menggali informasi yang lebih banyak namun kami berjanji tetap akan menjalin komunikasi dan hubungan baik melalui situs jejaring sosial.

captured by mas Rado using Canon EOS 400D Digital
captured by Mira using Canon PowerShot A640  

Selesai melakukan seluruh agenda kunjungan kerja, kami diajak pihak UII untuk melihat candi yang baru saja ditemukan di sekitar kampus mereka.

captured by Mira using Sony CyberShot DSC-T9

Candi ini baru saja ditemukan pada akhir tahun 2009, oleh pihak UII ketika akan melakukan pembangunan perpustakaan. Diperkirakan usianya sudah ribuan tahun dan merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Waktu saya mengunjungi situs sejarah ini, masih dilakukan upaya penggalian. Proses pembangunan perpustakaan oleh pihak universitas akhirnya ditangguhkan karena dugaan sementara candi ini tergolong istimewa apalagi sebelumnya telah ditemukan patung arca Ganesha yang merupakan simbol dewa pengetahuan. Sayangnya hujan semakin deras dan hari semakin petang sehingga kami harus segera meninggalkan UII. Sebelum kembali ke Magelang kami menyempatkan diri mampir ke Malioboro untuk membeli oleh-oleh .

15 Mei 2010
Pagi ini kami harus pulang kembali ke Surabaya. Setelah semua selesai berkemas kami berpamitan kepada keluarga mas Dito dan melanjutkan perjalanan pulang. Kami berencana mengunjungi Candi Prambanan karena letaknya yang searah dengan jalan pulang. Candi Prambanan terletak di Jalan Raya Jogja - Solo km 16 Sleman. Harga tiket masuknya saya lupa tepatnya berapa sekitar Rp. 20.000 perorang, namun karena kami rombongan dan mendapat diskon dengan menunjukkan KTM harga tiket menjadi Rp. 15.000 perorang. Sayangnya cuaca gelap dan mendung saat kami tiba disana. Namun kami masih bisa menikmati pemandangan dan berjalan-jalan di sekitar candi Prambanan.

captured by Meru using Canon PowerShot A640

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Masih ingat tentang kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang? Ya kisah ini yang menjadi asal usul terciptanya candi Prambanan. Sayangnya, akibat gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR yang menghantam daerah Bantul dan sekitarnya pada 27 Mei 2006 lalu, menyebabkan kerusakan yang cukup parah di kompleks ini. Beberapa candi hancur dan batunya ditata rapi mungkin menunggu untuk dipugar. Ditemani rintik gerimis kami berkeliling di sekitar candi Prambanan.

captured by Meru using Canon PowerShot A640
captured by Grace using Samsung SL 50

Sebenarnya tidak jauh dari Prambanan terdapat Istana Ratu Boko yang bisa ditempuh dengan kendaraan yang disediakan, namun jatah waktu berkeliling Prambanan hanya sekitar satu jam karena harus segera melanjutkan perjalanan. Akhirnya kami tidak mengunjungi Ratu Boko, mungkin lain kali bila saya ke Jogja lagi akan mengunjungi Istana Ratu Boko yang terkenal megah dan unik. Dengan ini maka berakhir juga kunjungan kerja bersama BEM Fakultas Psikologi Unair 2010. Kami melanjutkan perjalanan pulang dengan selamat kembali ke Surabaya.

Sekian catatan perjalanan ke Jogja kali ini, memang tidak banyak tempat yang dapat saya ceritakan. Jadi intinya memang harus kembali ke Jogja lagi .

6 comments:

Meru said...

aahhh jadi kanggeennn..

Inda Nurfarida said...

iya aku kangen pergi bareng kalian lagi :((
kamu kangen siapa pap? mbak berjilbab yang mungil itu ta? :p

rhini rain anggraini said...

mbakk..izin ngambil foto gedung psikologi ugm nya dunkk...buat dipajang di blog aku..aku pengen banget,.kuliah S2 disana..jadi sebelu kesana,,liyat fotona aja pun jadilah hehe..bolehh ya???n_n

Inda Nur Farida said...

Iya rhin silahkan. ah sama loh, aku juga pengen S2 disana moga bisa keturutan cita-cita kita. amin :)

rhini rain anggraini said...

wahh sudah lama ya dicomment aq gak lihat lagi.. udah taun 2011 yaa.. dan akhirya april 2013 aq bisa mendarat juga di Psikologi UGM mbak..alhamdulillah..dan lagi proses pendaftaran s2 ugm..moga lulus amin..mbak gimana sekarang??

Inda Nur Farida said...

Halo rhin! Wah ikut seneng alhamdulillah semoga lancar ya :) Aku masih di kampung halaman uda selesai studi S1nya, masih ada yang mesti diselesein dulu disini hehe. Tapi pengen buat sekolah ke Jogja masih ada :D

Post a Comment