January 12, 2010

Praktek Kerja Lapangan di Bandung

Catatan perjalanan pertama ini akan saya isi dengan memperkenalkan tentang keluarga bulan. Mengapa? karena hampir semua perjalanan saya di jurnal ini adalah bersama dengan mereka. Perjalanan pertama ini hanyalah sepenggal kisah perjalanan kami ke Bandung dalam rangka Praktek Kerja Lapangan mata kuliah Psikologi Abnormal.

27 Desember 2009
Mata kuliah Psikologi Abnormal mewajibkan kami untuk mengikuti PKL dengan tujuan Bandung. Psikologi Abnormal adalah satu-satunya mata kuliah di semester lima yang mempertemukan semua anggota keluarga bulan karena ini adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa psikologi Unair. Sebelumnya saya perkenalkan siapa saja anggota dari keluarga bulan.

captured by mas Sofyan using Nikon Coolpix S510

Kami adalah sebuah keluarga besar yang berjumlah 11 orang yang lahir di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Terdiri atas: Salza Happy, Ryan Rizky, Anugrah Fajar, Tresilia Dwitamara, Argian Arizona, Kannya Fitri, Bramanti Nindi, Tandya Kurniawan, Puspita Melati, Tiin Nailufar dan saya sendiri. Sekitar jam 16.00 kami berangkat menuju Bandung menggunakan bus pariwisata.

28 Desember 2009
Perjalanan memakan waktu yang cukup lama karena ada bus yang mogok sehingga kami harus menunggu. Hampir 22 jam kami berada di atas bus, wajah terlihat kusam dan sangat lelah sekali hampir seharian berada di jalan. Ini adalah perjalanan kami yang terjauh menggunakan bus. Beruntung perbekalan kami sangat banyak membuat kami tidak mati bosan selama dijalan .

captured by unknown using Nikon Coolpix S510

Sampai di Bandung kami langsung menuju Sekolah Luar Biasa di Bale Endah untuk melakukan PKL setelahnya baru kami bisa beristirahat di hotel. Malam ini ada agenda belanja bersama yang dikoordinir oleh panitia. Setelah acara berbelanja adalah jam bebas hingga esok pagi, kami berencana jalan-jalan ke lembang malam ini. Kami memutuskan menyewa mobil, lupa berapa biaya sewanya, seingat saya hitungannya perjam dengan fasilitas supir dan bensin termasuk di dalamnya. Jadi malam itu kami menuju Lembang menggunakan mobil Innova yang diisi oleh 12 orang, termasuk supir . Jangan dibayangkan waktu itu bagaimana posisi duduk kami . Beruntung bisa selamat sampai Lembang karena mobil rasanya kelebihan muatan. Kami diantarkan menuju salah satu warung yang ada di pinggir jalanan Lembang. Waktu itu sekitar jam 22.00 WIB. Kami tidak pernah menyesal mengunjungi tempat ini. Rasanya sangat menyenangkan bersama-sama menikmati dinginnya hawa lembang, pemandangan bintang-bintang dan lampu yang terhampar di lereng-lereng. Sambil menikmati berbagai macam makanan dan minuman seperti jagung bakar, pisang bakar keju, pisang bakar coklat, indomi kuah, teh hangat, susu coklat hangat dan masih banyak lagi.

captured by me using Sony CyberShot DSC-W220

Mungkin yang membuat terasa berbeda dan sangat menyenangkan adalah karena kami bersenang-senang bersama .

captured by self timer using Sony CyberShot DSC-W220

Setelah puas bercanda dan perut kenyang, kami segera kembali ke hotel di daerah kota Bandung karena keesokan harinya masih harus melaksanakan PKL. Ini menjadi malam yang paling menyenangkan selama beberapa kali saya mengunjungi Bandung.

29 Desember 2009
Pagi ini kami akan melaksanakan PKL di RSJ Cimahi tepatnya di daerah Cisarua. Yang paling menarik adalah perjalanan dan pemandangannya karena kami melewati lembah dan bukit. RSJ Cimahi adalah tempat terakhir yang kami kunjungi. Agenda sore hingga malam ini adalah berbelanja dan berjalan-jalan di daerah Dago.

30 Desember 2009
Pagi ini kami kembali ke Surabaya meninggalkan Bandung. Perjalanan yang sangat menyenangkan dengan keluarga bulan, ini bukan perjalanan pertama kami, namun PKL ini menjadi perjalanan kami yang paling menyenangkan karena semua anggota keluarga bulan bisa turut serta .

Pulang dari Bandung malamnya adalah malam tahun baru, karena kami masih sangat lelah setelah melakukan perjalanan jauh membuat kami tidak bisa melewati malam pergantian tahun baru 2010 bersama. Namun tenang saja karena masih banyak malam-malam yang dapat kami lewati bersama dengan perjalanan-perjalanan yang menyenangkan .

Unknown said...

bramanti bukannya ankatan 2002 pariwisata ya?